Berbagi Informasi seputar properti, Informasi pasar properti, perkembangan harga rumah, tren desain rumah, dan Arsitektur serta wadah untuk diskusi properti.
User avatar
puthud
Moderator
Moderator
Fri Apr 22, 2016 6:04 pm
9 Tips Merawat Kamar Mandi & Toilet


Image


Apa anda merasa jengkel bila keadaan kamar mandi & toilet anda mengalami kerusakan ataupun gangguan. Dibawah ini 9 Tips Merawat Kamar Mandi & Toilet yang mungkin berguna buat anda :

1. Ampas Kopi untuk Kamar Mandi
Image
Ampas kopi tubruk dapat bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi (WC). Caranya sangat mudah. Siapkan secangkir air panas. Masukkan ampas kopi. Tambahkan sedikit garam lalu campur. Setelah itu, siram air campuran tadi ke lubang WC dan sekitarnya. Dalam sekejap kamar mandi (WC) di rumah Anda pun terbebas dari bau tak sedap.

2. Saluran Pembuangan Air Tersumbat
Image
Saluran pembuangan air di kamar mandi sangat penting perannya. Jika tersumbat, air kotor tidak dapat mengalir ke got sehingga menimbulkan bau tidak sedap dan bibit penyakit. Sebelum tersumbat, rajin-rajinlah membersihkan saluran pembuangan air. Namun, jika sudah tersumbat, kita bisa membuatnya lancar. Caranya, taburkan soda api pada saluran pembuangan air yang tersumbat. Biarkan selama satu malam. Bilas dengan air hingga kotoran yang menyumbat saluran terkikis habis.

3. Atasi Shower Mampat
Image
Mandi menggunakan shower(pancuran air) lebih irit air daripada mandi dengan menggunakan bak mandi. Namun, seiring usia pemakaian, kepala showerbisa mampat. Apabila kepala shower mampat, cobalah tips berikut. Rebus kepala shower dari logam dengan larutan 1 liter air ditambah satu cangkir cuka, selama 15 menit. Untuk kepala showeryang terbuat dari plastik, rendam dalam campuran air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama.

4. Membersihkan Bak Mandi
Image

Masukkan citrun (bahan tambahan untuk membuat es) ke dalam bak mandi porselen yang diisi penuh. Sebanyak 5 sendok makan citrun untuk 1 m3 air. Aduk citrun dan air hingga rata. Biarkan selama semalam. Keesokan harinya, kuras bak mandi. Kotoran di bak mandi akan luntur dengan sendirinya. Untuk menghilangkan kotoran di bak mandi tanpa harus menguras adalah celupkan selang air dengan panjang ±1½ kali tinggi bak ke dalam bak mandi. Caranya, setelah selang terisi penuh, tutup kedua lubang selang dengan kedua jari jempol. Angkat salah satu ujung selang ke luar bak, sedangkan ujung yang satunya tetap di dalam bak. Lepaskan kedua jempol secara bersamaan dari ujung selang. Air bak akan mengalir ke luar dan kita tinggal “menjalankan” ujung selang untuk mengisap kotoran di dasar bak mandi. Cara ini disebut juga menyifon.

5. Atasi WC Mampat
Image
WC mampat membuat aktivitas di kamar mandi menjadi tidak nyaman. Namun, jangan khawatir. Gunakan garam dapur untuk melancarkan WC yang mampat. Larutkan 1 kg garam dapur dalam 1 ember air. Tuangkan larutan garam tersebut ke dalam toilet/WC. Jangan gunakan toilet/WC selama kurang lebih 5 jam. Selanjutnya, siram air yang banyak dengan hentakan kuat.

6. Septictank Penuh
Image
Fungsi septictanksangat vital bagi rumah tinggal. Adakalanya septictank sudah penuh membuat WC/toilet tidak bisa digunakan. Namun, septictank yang penuh jangan dulu dibongkar. Berikan perlakuan dengan memasukkan cairan pengurai tinja ke dalam kloset. Cairan ini bisa dibeli toko bangunan dan peralatan rumah.

7. Arang Hilangkan Bau WC
Image
Kamar mandi rawan sekali akan bau tidak sedap. Untuk menghilangkan bau tidak sedap ini cukup mudah. Letakkan beberapa arang yang masih baru di sudut-sudut WC. Dalam beberapa hari bau WC akan hilang. Hal ini karena arang berfungsi sebagai penyerap bau-bauan.

8. Kloset Kotor
Image
Kerak pada kloset tidak enak dipandang. Kerak ini susah hilang bila hanya dibersihkan dengan air. Gunakan cuka dapur untuk membersihkan kloset. Caranya, siramkan dua gelas cuka dapur dan biarkan selama 1 jam. Selanjutnya, gosok kerak hingga bersih. Langkah berikutnya, bilas dengan air bersih.

9. Mengusir Kecoa di Kamar Mandi
Image
Kecoa seringkali ditemui di daerah lembap atau basah, seperti kamar mandi. Kecoa juga dapat menyebarkan bibit penyakit. Berikut ini tips mengusir kecoa.Siapkan 1/4 liter air, 10 ml alkohol 75%, dan 20 ml tanaman cengkeh yang sudah ditumbuk. Campurkan formula di atas hingga merata. Semprotkan di sekitar lantai dan dinding kamar mandi. Campuran tersebut dapat bertahan hingga satu bulan.

Selain kamar mandi masih ada beberapa ruang didalam rumah seperti ruang tamu, ruang makan, dll yang perlu diperhatikan perawatannya. Mungkin anda merasa jengkel tentang perabot rumah yang tidak terawat dan butuh perhatiaan mungkin anda tidak mengetahui bagaimana cara merawat perabot dan rumah anda.
Gilangdirga
Newbie
Newbie
Tue May 24, 2016 1:51 pm
Terima tipsnya mas puthud,,,
dodin | Entrepreneur
Newbie
Newbie
Wed Sep 07, 2016 4:14 pm
Wah thanks gan informasinya, ini di tempat sewa apartemen ane ini toiletnya memang pengen ane bersihin dulu agar nanti pas ada keluarga / temen ngunjungin toiletnya bersih.
Jual Apartemen dengan fasilitas lengkap dan lokasi yang strategis di Jakarta.
TikaTikaTika | Karyawati
Newbie
Newbie
Tue May 16, 2017 6:25 pm
Wiii thanks yaa artikelnya. Setelah beli barang-barang dan rak gantung kamar mandi, sekarang jadi tau juga cara bersihinnya. Harus tau cara-caranya dulu sebelum kamar mandi selesai di renov hahaha. Thanks lagi yaa..
4 posts Page 1 of 1
cron