Berbagi Informasi seputar properti, Informasi pasar properti, perkembangan harga rumah, tren desain rumah, dan Arsitektur serta wadah untuk diskusi properti.
Elisa | Sales Marketing
Newbie
Newbie
Fri Mar 23, 2018 5:14 pm
Image

Memiliki sebuah apartemen bukanlah perkara mudah, mengingat harganya yang begitu tinggi mengharuskan banyak orang mencari jalan alternatif untuk pembayarannya. Alih-alih menggunakan fasilitas kredit pemilikan apartemen (KPA) dan cicilan ke developer menjadi jalan keluarnya.

Tapi, tahukah Anda bahwa dalam setiap transaksi pembelian apartemen selain harga jual yang Anda bayarkan, ternyata ada biaya yang sering kali menjadi “siluman” saat membeli apartemen. Hal ini sering kali tidak disadari banyak orang. Untuk itu, berikut ulasan mengenai biaya-biaya yang sering dilupakan saat membeli apartemen.

1. PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Sesuai peraturan pemerintah, bahwa properti yang harganya di atas Rp42 juta wajib untuk membayar pajak PPN. Dengan demikian, setiap pembelian apartemen akan dikenakan pajak ini sebesar 10% dari harga jual. PPN biasanya dibayarkan melalui developer, termasuk pelaporannya dilakukan oleh developer.

2. BPHTB (Biaya Perolehan Harga Tanah & Bangunan)

Biaya ini adalah pungutan perolehan hak atas tanah dan/atau bangunan. Di mana biaya ini dikenakan terhadap semua transaksi apartemen, baik baru maupun lama. Besar BPHTB adalah 5% dari nilai transaksi setelah dikurangi Nilai Jual Obyek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP).

3. PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah)

PPnBM yang harus Anda bayarkan adalah sebesar 20% dari harga jual yang dibayar saat transaksi. Di mana biaya ini akan dikenakan bagi apartemen yang dibeli dari developer bukan perseorangan. Tapi
tenang, tidak semua apartemen dibebankan pajak ini karena PPnBM hanya berlaku di apartemen yang tergolong mewah dan nilainya di atas Rp 2 miliar.

4. AJB (Akta Jual Beli), BBN (Biaya Balik Nama) dan Biaya Pertelaan

Ketiga biaya ini dibayarkan dalam satu paket. Besarannya kurang lebih 1% dari harga apartemen untuk ketiga biaya tersebut.

Jadi sudah tahukan biaya apa saja yang harus Anda keluar saat akan membeli apartemen? Untuk itu, persiapkan dari sekarang!
pencari_ilmu321 | marketing
Newbie
Newbie
Tue Jul 24, 2018 11:17 am
selain biaya di atas masih banyak seklai biaya yang sering di lupakan, seperti biaya perbaikan pada apartemen seperti pada saluran pompa air jika terjadi kerusakan karena akan memakan banyak biaya untuk perbaikannya seperti mengganti pompa atau klem sadel nya.
2 posts Page 1 of 1
cron