User avatar
awaleices | Marketing
Newbie
Newbie
Fri Dec 07, 2018 9:40 am
Oleh: Imran


Developer properti saat ini mungkin masih lesu melihat turunnya daya beli. Selain akibat nilai kurs yang sangat fluktuatif juga disebabkan turunnya minat orang untuk menyewa properti sehingga berinvestasi di properti kurang diminati saat ini. Untuk sektor perumahan murah masih banyak developer perumahan yang terus melakukan pembangunan.

Developer harus mampu menghitung dengan tepat dan membuat budgeting yang bisa terukur dengan realisasinya di lapangan agar dapat tetap bisa membangun proyek di masa-masa sulit sekalipun. Masih banyaknya developer perumahan yang terus tetap membangun tentunya membuktikan juga adanya kualitas manajemen keuangan yang dimiliki selain aspek permodalan. Semua yang terkait aspek keuangan seharusnya sudah mengurangi penggunaan pencatatan dan dokumentasi manual serta pengawasan pergerakan keuangan harus sudah semakin mudah dilakukan.

Meletakkan orang-orang yang tepat dan dapat dipercaya baik di internal dan maupun lapangan dalam pelaksanaan proyek adalah sisi penting kemampuan divisi sumber daya manusia perusahaan. Mengkoordinasi personalia juga perlu dukungan sistem pengelolaan yang terhubung dengan aspek keuangan akunting. Untuk itu diperlukan sistem keuangan akunting terintegrasi yang mengelola keuangan sejak budgeting dialkukan, pembangunan dimulai, pemasaran perumahan sampai pelaporan keuangan.

Sebuah sistem akunting keuangan berupa perangkat lunak yang diperuntukan bagi developer perumahan yaitu EiCes.Q (https://www.facebook.com/softwareeicesq/) sudah banyak digunakan oleh developer properti guna membantu sisi akunting keuangan. Akunting properti melalui EiCes.Q diawali dengan mempersiapkan kode-kode akun yang umum dipakai dalam dunia akunting proyek perumahan kemudian mengatur hak akses bagi personel proyek terhadap penggunaan sistem akunting developer properti EiCes.Q ini. Developer perumahan dapat pula melakukan kostum perubahan dan penentuan model surat pesanan unit rumah dan model dokumen keuangan lainnya seperti kwitansi. Site plan pun dapat hadir di dalam sistem dan memberikan info real-time tentang jumlah penjualan rumah dan progres fisik unit rumah yang dijual.

Budgeting dan kontrol terhadap realisasi di lapangan proyek serta aspek akunting keuangan kontraktor dan konsumen/buyer rumah juga menjadi cakupan perangkat lunak ini. Developer perumahan dapat keuntungan dalam kemudahan pengawasan keuangannya, mendeteksi lebih dini kesalahan-kesalahan pendanaan dan mengurangi resiko kerugian keuangan. Demikian pula penentuan harga pokok produksi unit rumah akan menjadi lebih baik.

Hak akses pada perangkat lunak ini memberikan tanggung jawab jelas kepada personalia dan mendorong kehati-hatian dalam mengeksekusi segala hal terkait penggunaan keuangan perusahaan. Akan terlihat jelas sapa yang mengeksekusi sebuah tindakan keuangan, kapan dan dari personal komputer mana dilakukannya.

Bisa dikatakan bahwa dukungan sistem terintegrasi akunting keuangan properti ini tidak akan mudah memberikan kesempatan bagi pihak-pihak yang mau melakukan tindakan merugikan perusahaan dan sangat membantu menajemen dalam mengelola keuangannya serta mempersiapkan pendanaan bagi proyek-proyek selanjutnya.