Berbagi Informasi seputar properti, Informasi pasar properti, perkembangan harga rumah, tren desain rumah, dan Arsitektur serta wadah untuk diskusi properti.
User avatar
petrasuryana | Pekerja Swasta
Newbie
Newbie
Thu May 19, 2016 12:14 pm
Selamat siang sahabat forum properti. Saya mempunyai rumah berukuran 36m2 dengan luas tanah 72m2. Karena rumah tersebut berada di Bekasi dan sangat jarang saya tinggali, keadaan rumah pun menjadi kurang baik. Saya ingin merenovasi rumah.

Saya mendapat info dari kerabat saya apabila mau merenovasi rumah harus memerlukan izin juga. Apakah benar? Kalau benar kepada siapa saya meminta izin?
Thu May 19, 2016 12:16 pm
Sebaiknya iya. Izin bukan sekadar menghindari denda atau penyegelan bangunan rumahmu, melainkan juga merupakan bentuk kontrol pemerintah untuk menjamin harmoni antara bangunan dan lingkungan sekitarnya.

Izin merenovasi rumah juga dimaksudkan untuk mencegah pembangunan yang tidak memerlukan standar keamanan dan kesehatan penghuni. Perizinan bangunan diatur Pemerintah Daerah (Pemda). Untuk wilayah DKI Jakarta misalnya, diatur dalam Perda Nomor 7 Tahun 1991 tentang Bangunan di DKI.

Untuk merenovasi rumah, jenis izin yang kamu butuhkan berupa surat keterangan membangun dan izin mendirikan bangunan (IMB).

Jika renovasi yang kamu lakukan tergolong kecil dan bangunan rumahmu telah memiliki IMB, maka kamu tidak perlu mengurus IMB baru. Cukup dengan surat keterangan membangun.

Semisal, kamu merenovasi rumah dengan menambahkan ruang yang luasnya tidak lebih dari 30 persen luas bangunan lama. Luas ruang tambahan juga tidak lebih dari 250 meter persegi.

Jika renovasi berupa penambahan lantai, luas lantai atas tidak lebih dari dari 50 persen luas lantai bawah. Ukurannya juga tidak lebih dari 250 meter persegi.

Lain halnya jika renovasi yang kamu lakukan adalah mengubah fasad, tata letak ruangan atau struktur bangunan keseluruhan. Renovasi seperti ini butuh IMB baru. Hal ini juga berlaku pada renovasi dengan penambahan ruang lebih dari 30 persen luas bangunan lama.

Nah, kalau izin sudah di genggamanmu, maka kamu akan lebih tenang selama proses merenovasi rumah. Tak perlu ragu membobok tembok atau menambah lantai untuk kamar baru.
User avatar
ahp
Newbie
Newbie
Thu May 19, 2016 12:17 pm
apakah berlaku juga untuk renovasi kantor gan?
User avatar
petrasuryana | Pekerja Swasta
Newbie
Newbie
Thu May 19, 2016 2:06 pm
ohh seperti itu ya. berarti saya tidak harus membuat IMB baru. saya hanya menambah kamar bukan mengubah bentuk fasad bangunannya.
User avatar
Rihana | Marketing Properti
Newbie
Newbie
Thu May 19, 2016 2:07 pm
ahp wrote: apakah berlaku juga untuk renovasi kantor gan?

mungkin untuk kantor sama juga ya
simanungkalit | karyawan
Newbie
Newbie
Fri May 20, 2016 5:04 pm
@forumproperti
sangat berguna informasinya, thanks :)/
pencari_ilmu321 | marketing
Newbie
Newbie
Sat Aug 25, 2018 11:12 am
jika itu renovasi rumah dan tidak menggagu seperti renovasi kamar mandi atau pintu kamar mandi, seperinya itu tidak perlu izin.
7 posts Page 1 of 1
cron