gitaanindya
newbie properti
newbie properti
Fri Apr 13, 2018 8:41 am
sistem-keamanan-apartemen.jpg
Beberapa hal yang diperhatikan sebelum membeli apartemen adalah lokasi, fasilitas dan akses. Ya, ketiganya memang berpengaruh pada kenyamanan selama tinggal di apartemen. Tapi, ada satu hal yang nggak kalah penting namun jarang diperhatikan orang, yaitu sistem keamanan.

Meskipun apartemen merupakan hunian dengan tingkat keamanan yang cukup baik, nggak ada salahnya jika kamu mengecek ulang sistem keamanan yang digunakan sebelum membelinya?

Lalu, apa saja sih yang harus kamu cek? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Petugas Keamanan 24 Jam

Petugas keamanan (security) merupakan hal paling penting yang harus ada. Selain menjaga apartemen, security juga bertugas untuk membantu penghuni yang kesulitan. Biasanya, sebuah apartemen akan dijaga oleh lebih dari 20 orang petugas yang memegang peran dan bagian masing-masing. Misalnya, petugas keamanan untuk menjaga pintu gerbang (pos) keluar/masuk gedung, ada juga yang menjaga pintu apartemen, lobby, maupun disetiap lantai apartemen.

2. CCTV

Selanjutnya adalah CCTV. Tujuan dari pemasangan CCTV adalah untuk mengawasi gerak-gerik orang di sekitar. Biasanya alat ‘pengintai’ ini diletakan pada lift, lobby, lorong apartemen, halaman gedung, dan basement atau tempat parkir. Secara nggak langsung, penggunaan CCTV juga membantu kerja petugas keamanan dan dapat menjadi bukti untuk mengungkap tindak kriminal.

3. Access Card System

Last but not least, Access Card System. Ini adalah suatu sistem berupa kartu yang dapat dipakai oleh penghuni, pengunjung serta tenant untuk mengakses segala tempat yang ada di apartemen. Access Card ini adalah pengganti sistem kunci sehingga kamu bisa lebih mudah keluar masuk ruang apartemen.

Penggunaan sistem ini akan menghindari orang lain selain pemilik apartemen atau yang disebutkan di atas memasuki kawasan apartemen. Dengan begini, potensi terjadinya pencurian atau kemalingan menjadi lebih kecil. Nggak cuma itu, access card juga dilengkapi dengan pengamanan darurat sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka pintu akan terbuka otomatis.

Itulah 3 sistem keamanan yang harus ada pada setiap apartemen. Keamanan dan kenyamanan memang hal paling penting pada sebuah hunian, termasuk apartemen. Semakin tinggi tingkat keamanan yang tersedia maka akan semakin nyaman pula suatu hunian untuk ditinggali.


source: 3 Hal Penting Penunjang Sistem Keamanan di Apartemen