Forum bagi Anda untuk berbagi info seputar hal-hal umum
gitaanindya
newbie properti
newbie properti
Sun Feb 25, 2018 11:13 pm
tips-menyewakan-apartemen-3.jpg
Banyak masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kawasan perkotaan, yang kini lebih memilih untuk tinggal di hunian vertikal seperti apartemen. Banyak diantara mereka yang lebih memilih untuk menyewa dibanding membeli. Alasannya karena merasa harga apartemen masih terlalu tinggi, ada pekerjaan yang tidak memungkinkan untuk menetap lama di suatu lokasi.

Namun, sama halnya dengan membeli, menyewa apartemen juga harus mempertimbangkan beberapa hal. Penasaran? Yuk, cari tau selengkapnya!

Budget

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sesuaikan harga apartemen dengan budget yang dimiliki. Perlu diperhatikan bahwa saat tinggal di apartemen sewaan, tak hanya biaya sewa saja yang harus kamu bayarkan, namun juga biaya maintenance.

Buatlah rencana anggaran sebelum mulai menghuni apartemen. Pastikkan bahwa Anda mampu membayar semua biaya yang sudah ditetapkan. Jika tidak, bisa saja Anda terusir dari apartemen yang ditinggali karena tak sanggup membayar.

Lokasi yang Tepat

Sama halnya dengan membeli, kamu pun harus memperhatikan lokasi apartemen sebelum memutuskan untuk menyewanya. Pastikan bahwa apartemen yang akan disewa dekat dengan kantor, sekolah, rumah sakit, transportasi umum, dan fasilitas umum lainnya agar Anda tidak kesulitan menjalankan aktivitas sehari-hari.

Cek Unit

Kamu bisa mulai dari mengecek saluran air dan toilet, kondisi dinding, listrik, lampu, pendingin ruangan, dan lainnya. Selain interior, kamu juga bisa melakukan pengecekan di area apartemen seperti lorong-lorong. Lihat apakah pengelola menyediakan alat pemadam, tangga darurat, maupun fasilitas pendukung lainnya.

Perjanjian Sewa

Surat perjanjian sewa menjadi bukti legal bahwa kamu adalah penghuni unit apartemen yang sah. Selain itu, surat ini juga mencantumkan hal-hal yang menjadi tanggung jawab dan kewajiban kedua belah pihak. Perjanjian tersebut berisi rincian seperti: jumlah uang sewa, masa jangka waktu sewa, biaya-biaya, siapa yang bertanggung jawab terhadap kerusakan, fasilitas apa saja yang menjadi hak penghuni, dan lain sebagainya.

Komunikasi dengan Pemilik

Komunikasikan apapun mengenai apartemen dengan pemilik unit. Jika sudah yakin dengan unit apartemen yang akan disewa, sebaiknya kamu juga mengkomunikasikan kembali beberapa hal yang sudah disetujui bersama dengan pemilik unit.

Itulah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum menyewa apartemen. Semoga informasi di atas bisa membantumu menemukan hunian yang tepat ya. Semoga berhasil!
Palu1000 | Sales Marketing
newbie properti
newbie properti
Mon Mar 26, 2018 11:16 am
kalau saya hal pertama selalu cek unit terlebih dahulu. karena saya kurang nyaman jika fasilitas yang di sediakan kurang memadai. terlebih lagi kalau itu apartmen baru, pasti juga menanyakan fondasi dan kekokohannya. :D
Kami merupakan salah satu perusahaan Jasa kontraktor bangunan di jakarta yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun.
kabang | Entrepreneur
newbie properti
newbie properti
Tue Apr 03, 2018 1:26 pm
bener banget yang pertama harus di liat itu budget :)) trus cek isi apartemennya mulai dari tata letak dan dekorasi sesuai dengan kenyamanaan customer atau gk lokasi, lokasinya bagus atau tidak, soalnya kalo gk strategis nantinya ribet untuk keseharian, hunian enak tapi susah untuk melakukan daily activity
Interior seperti Lantai Vinyl, HPL & Plafon tersedia di KANG BANG.
3 posts Page 1 of 1
cron