jhonykumincir | Digital Marketing
Newbie
Newbie
Wed Jan 09, 2019 11:16 am
material paving block tentu sudah tidak asing bagi kamu yang tinggal di perkotaan. Bahan material bangunan yang terbuat dari bahan dasar pasir dan semen lalu di catak dengan variasi bentuk ini, sering dijumpai pada terotoar jalan, komplek perumahan, halaman perkantoran hingga halaman rumah. Oleh karena itu sekarang sudah banyak supplier yang jual paving block di perkotaan besar seperti Jabodetabek.

Paving block juga memiliki banyak kelebihan sebagai kontruksi penutup tanah dibanding bahan konstruksi lainnya seperti aspal dan juga cor semen. Kelebihan yang paling menonjol yaitu dari segi bentuk, warna, ukuran, dan corak. Selain dari segi bentuk paving block juga memiliki beberapa manfaat yaitu raham lingkungan, daya serap air yang baik, pemasangan dan perawatan yang mudah, memiliki keindahan, dan harga yang murah.
Image

Berikut penjelasan kelebihan dari paving block yang perlu kamu ketahui:

1. Mudah diganti
Pada umumnya bahan material bangunan hanya bertahan sempurna kurang dari lima tahun, begitupun dengan paving block. Saat terjadi kerusakan, material bangunan ini sangat mudah untuk diganti. kamu bisa menggantinya sendiri dengan mengangkat bagian yang rusak atau ratak, lalu ganti dengan yang baru. sebaiknya simpan beberapa paving block sebagai cadangan.

2. Perawatan yang mudah
Dibanding jenis material bangunan lainnya, paving block juga sangat mudah dalam perawatannya. Saat kondisinya kotor karena tanah atau noda lainnya, kamu hanya perlu menyikatnya dengan sabun dan air.

3. Memiliki daya serap yang baik
Paving block ini memiliki daya serap air yang baik dibandingkan aspal ataupun cor semen. Meski kelihatannya pemasangan paving block dibuat terkunci, tetapi paving block memiliki daya serap air yang baik. Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan bila menggunakan paving block sebagai material konstruksi jalanan yakni dapat menyimpan ketersediaan air tanah bersih, agar bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

4. Ringan
Karena bentuk paving block yang terdiri dari blok-blok kecil dan terpisah, paving block menjadi lebih ringan dan mudah dipindah-pindah serta memudahkan dalam penyimpanan.

5. Harga yang bersahabat dengan kantong
Harga pasaran dari paving block relatif murah tergantung dari jenis dan modelnya. Seperti contohnya paving warna ukuran 20cm x 40cm x 8cm (LxPxT) yang dijual seharga Rp107.500 per meter persegi. Sedangkan paving block dipasarkan mulai Rp104 ribu hingga Rp193 ribu. Dilihat dari sisi ekonomis tersebut bukan hanya dari harga material, namun juga dilihat dari proses pemasangan hingga pemasangannya.

Itulah diantara kelebihan dan keunggulan paving block untuk konstruksi bangunan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin meyakinkan kamu untuk menggunakan paving block.