gitaanindya
newbie properti
newbie properti
Thu Jan 03, 2019 4:34 pm
Image


Merawat lantai marmer memang nggak mudah ya. Karena terbuat dari batuan asli, lantai sekelas marmer dan granit lebih reaktif terhadap bahan-bahan keras dibanding keramik atau lainnya. Karena itulah, bahan pembersih yang digunakan pun harus dipilih dengan teliti agar nggak merusak lantai.

Lalu, gimana sih cara merawat marmer yang benar agar kilapnya tahan lama? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Gunakan Kain Pel yang Lembut
Gunakanlah kain pel yang terbuat dari bahan microfiber. Selain lebih aman, microfiber juga bermuatan positif sehingga dapat menarik material bermuatan negatif seperti kotoran dan lemak yang menempel pada lantai marmer.

Gunakan Detergen dengan pH Netral
Agar marmer nggak mudah rusak, gunakan sabun dengan pH netral. Campurkan detergen dengan air yang sudah dipanaskan. Biasanya, sudah ada petunjuk penggunaan yang bisa langsung kamu ikuti. Hindari penggunaan detergen berkandungan tinggi asam yang bisa menggores dan memudarkan kilau marmer.

Gunakan Sealant
Sealant merupakan bahan yang digunakan untuk melindungi marmer agar terhindar dari noda. Aplikasikan secara berkala agar kilau marmer tetap terjaga. Biasanya, sealant diaplikasikan setiap 3-5 tahun sekali, tergantung produk dan penggunaannya.

Segera Bersihkan Cairan yang Tumpah
Marmer merupakan batu yang relatif berpori. Karena itulah, membiarkan air terlalu lama menempel atau bahkan membiarkannya hingga kering sendiri dapat mengakibatkan air menyerap dan membuat marmer ternoda atau berubah warna.

Gunakan Felt Pad
Felt pad merupakan sejenis bantalan berbahan flanel yang berfungsi untuk menghilangkan lecet pada lantai. Caranya, cukup celupkan bantalan ke dalam campuran air dan detergen. Setelah itu gosok marmer dengan lembut hingga lecetnya hilang.

Itulah beberapa tips merawat lantai marmer agar tetap berkilau. Selamat mencoba!

Sumber