Forum bagi Anda untuk berbagi info seputar hal-hal umum
Elisa | Sales Marketing
Newbie
Newbie
Tue Apr 17, 2018 5:17 pm
asuransi-properti.jpg
Apakah kamu sudah mengasuransikan hunianmu? Kalau iya, kamu pasti sudah tau apa itu asuransi dan apa saja keuntungan yang didapatkan. Nah, buat kamu yang belum mengetahuinya, yuk simak dulu sedikit penjelasan mengenai asuransi properti di bawah ini.

Dilansir dari Olympic Residence, asuransi properti adalah jenis perlindungan yang bertujuan mengantisipasi kerugian finansial dan meminimalisir risiko yang timbul akibat kejadian tak terduga yang menimpa properti seperti bencana alam, kebakaran, pencurian dan lainnya.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya kita sangat membutuhkan asuransi properti lho. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu negara paling rawan terkena bencana dan ancaman ini tak dapat diprediksi kedatangannya. Nah, asuransi ini berfungsi untuk memindahkan kerugian finansial yang dialami kepada pihak lain, yaitu perusahaan asuransi.

Terdapat dua jenis asuransi properti yaitu PAR (Property All Risk) dan PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia). PAR menjamin seluruh risiko yang terjadi pada harta benda yang dipertanggungkan. Sedangkan, PSAKI merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) untuk asuransi kebakaran.

Nah, selain menjamin perlindungan hunian terhadap bencana, perusahaan asuransi juga menjamin perlindungan terhadap segala harta benda di dalam hunian lho. Menguntungkan sekali ‘kan?

Biasanya, asuransi properti ini dimiliki oleh para pemilik rumah tapak (landed). Lalu, bagaimana jika tinggal di apartemen? Apakah harus memiliki asuransi juga?

Jawabannya adalah YA.

Sebenarnya, setiap apartemen sudah dilengkapi dengan asuransi dari badan pengelola. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Pasal 70 no. 4 tahun 1988 tentang rumah susun dan hunian yang mengatakan bahwa Perhimpunan Penghuni harus mengasuransikan rumah susun terhadap kebakaran.

Selain itu, Pasal 61 ayat (2) dari peraturan yang sama juga menyatakan bahwa setiap penghuni apartemen memiliki kewajiban untuk membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran.

Namun, asuransi jenis ini tidak sekaligus menjamin harta benda yang di apartemen lho. Untuk mendapatkan fasilitas ini, ada baiknya jika kamu membeli polis asuransi properti ke perusahaan asuransi.

Hal yang harus diperhatikan jika memiliki asuransi adalah adanya biaya premi yang harus dibayarkan secara rutin. Jadi, jangan lupa perhatikan kondisi ekonomimu sebelum mulai berasuransi ya.


sumber: Olympic Residence
uno411 | Kontraktor rumah
Newbie
Newbie
Sun Apr 22, 2018 6:30 pm
Masih bingung juga sih, sama sistem asuransi ketika kita beli di apartemen. Rencananya saya juga mau beli apartemen ukuran studio di Jakarta. Semoga aja ada yang cocok.


Unibel - Jasa Kontraktor Rumah di Jakarta. Berpengalaman dan Profesional
Palu1000 | Sales Marketing
newbie properti
newbie properti
Thu May 03, 2018 4:21 pm
loh hal tersebut harusnya sudah bukan lagi jadi pertanyaan. jika kamu memang memiliki properti maka asuransi adalah hal yang wajib karena kita sendiri tidak akan tahu apa yang akan menimpa kita nanti. jika memiliki asuransi pada properti, kemungkinan kita untuk mengalami kerugian pada suatu kejadian juga akan minim. perbaikan dengan jasa kontraktor bangunannya juga kemungkinan juga pasti akan diatasi oleh asuransi.
Kami merupakan salah satu perusahaan Jasa kontraktor bangunan di jakarta yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun.
3 posts Page 1 of 1
cron