ayanafara
Newbie
Newbie
Thu Mar 14, 2019 12:05 pm
Image

Marmer merupakan salah satu jenis lantai yang paling eksklusif. Karena itulah, marmer juga harus dirawat dengan benar. Salah satu cara yang dilakukan untuk merawat marmer adalah dengan melakukan poles secara rutin.

Banyak yang mengatakan bahwa poles marmer bisa dilakukan sendiri. Namun ada baiknya jika kamu menggunakan jasa poles marmer profesional dan berpengalaman agar hasilnya rapi dan tidak rusak. Tapi sebelum memanggil jasa poles profesional, sebaiknya kamu juga mengetahui tahapan dan proses poles yang benar agar tidak tertipu.

Cara Poles Marmer

1. Pengikisan & Pemasangan Ulang Nat

Tahap ini hanya dilakukan untuk marmer baru atau marmer yang membutuhkan perawatan full service seperti belum pernah dipoles atau berlubang. Nat akan dikikis agar ukurannya sama kemudian dipasang kembali. Adonan nat terbuat dari resin dan bubuk mild yang diaduk dengan menambahkan sedikit pewarna yang sesuai dengan warna marmer.

2. Grinding

Grinding merupakan proses pengangkatan noda dan kotoran yang menempel pada permukaan lantai yang juga bertujuan untuk menghilangkan goresan dan kerak. Proses grinding dilakukan menggunakan mesin poles, diamond pad, serta air.

Diamond pad merupakan alat untuk mengupas permukaan lantai. Dalam pengerjaannya, grinding dilakukan menggunakan pad dengan tingkat kekasaran yang berbeda-beda mulai dari yang paling kasar hingga paling halus. Hasil dari proses grinding adalah permukaan marmer yang rata, halus, dan bersih.

3. Kristalisasi

Selanjutnya adalah kristalisasi. Proses ini bertujuan untuk mengkilapkan lantai dan mengembalikan warnanya seperti semula menggunakan bahan-bahan kimia. Bahan yang digunakan adalah Osasir dan Extra 5. Prosesnya sama seperti grinding yaitu menggunakan mesin poles dan diamond pad. Hanya saja pad yang digunakan adalah pad dengan tingkat kekasaran rendah.

4. Finishing (Coating)

Tahapan terakhir pada poles marmer adalah coating atau pelapisan. Pelapis yang digunakan adalah Bilinzon. Dibutuhkan waktu 30 menit hingga 1 jam hingga Bilinzon kering. Setelah itu, proses dilanjutkan dengan menjalankan mesin buffing menggunakan pad steel wool agar hasil kilap maksimal dan merata hingga ke seluruh lantai.

Itulah tahapan serta proses dalam melakukan poles marmer. Memang terlihat mudah, namun perlu Anda ketahui bahwa seluruh tahapan tersebut harus dilakukan oleh teknisi profesional dan berpengalaman karena jika sampai salah, bukannya lantai kilap yang dihasilkan, lantai Anda justru bisa jadi rusak.

Salah satu penyedia jasa poles marmer adalah Kemilau Marmer. Jasa poles Kemilau Marmer akan membantumu menemukan kembali kilau dan warna asli marmer yang indah.