gitaanindya
newbie properti
newbie properti
Sun Dec 24, 2017 12:38 pm
tips-membeli-rumah.jpg

Salah satu sistem pembayaran untuk membeli rumah adalah KPR (Kredit Pemilikan Rumah). KPR adalah kredit hunian dengan bantuan bank. Atau, bisa dibilang bank akan meminjamkan dananya untuk membeli rumah dan kamu harus membayar cicilan sesuai dengan ketentuan ke bank.

Nah, sama halnya dengan KPA, dalam mengajukan KPR juga ada hal-hal yang harus kamu perhatikan. Apa saja ya?

WNI Berdokumen Resmi

Pertama, kamu harus seorang warga negara Indonesia. Untuk itu, kamu akan diminta untuk melengkapi dokumen identitas resmi seperti KTP, KK, akta lahir, dan SKCK. Selain itu, calon pembeli harus berusia minimal 21 tahun atau telah menikah.

Memberikan Slip Gaji dan Bukti Bebas Hutang

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan dokumen berupa slip gaji dan bukti bebas hutang. Jika memiliki hutang, kamu harus mempertimbangkan jumlah cicilan rumah yang diajukan dengan tanggungan yang sudah dimiliki. Kamu pun harus melampirkan laporan pajak dan NPWP. Jika kamu memiliki kartu kredit, bank juga akan melihat rekam jejak pembayaranmu untuk menilai seberapa disiplinkah kamu sebagai customer.

Tampilkan Performa Maksimal Saat Wawancara

Langkah selanjutnya adalah wawancara dengan pihak bank. Tahapan ini merupakan survei lanjutan atas pengajuan dan prosedurnya pun bisa berbeda tiap bank. Jadi, pastikan kamu memberikan performa yang maksimal saat bertemu dengan pihak bank.

Jawablah pertanyaan seputar kondisi keuangan dengan tenang dan jujur. Pastikan seluruh jawaban valid dan bisa dibuktikan dengan dokumen yang ada. Selain itu, kamu pun bisa menanyakan hal-hal terkait sistem pembayaran kepada pihak bank.

Proses Pembayaran Awal

Yang namanya kredit pasti membutuhkan uang muka atau DP. Nah, kamu bisa memilih untuk membayar DP besar atau kecil, tergantung kemampuanmu. Biasanya developer mematok DP rumah sebesar 30% dari total harga rumah. Jangan lupa juga untuk menyiapkan biaya-biaya lain seperti biaya apprasial (survey), provisi bank, administrasi, dan pajak.

Nah, itulah beberapa syarat dalam mengajukan KPR. Semoga informasi di atas dapat membantumu mendapatkan hunian idaman ya. Happy trying!