ayanafara
Newbie
Newbie
Mon Jan 07, 2019 7:30 pm
Image


Apa sih yang kamu pertimbangkan ketika memilih lantai? Warnanya? Atau motifnya? Keduanya memang bisa saja menjadi faktor yang mempengaruhimu dalam memilih lantai. Tapi, apa kamu tidak merasa bahwa kualitas lantai lebih penting daripada desainnya?

Hal-hal yang berhubungan dengan kualitas lantai adalah ketahanannya terhadap pemakaian harian, kelembaban, dan juga keawetan warna. Karena setiap jenis lantai memiliki spesifikasi yang berbeda, maka penggunaannya pun harus disesuaikan dengan fungsi ruangan.

Lalu, bagaimanakah cara memilih lantai yang tepat sesuai dengan fungsi ruangan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Kamar Tidur

Kamar tidur biasanya memiliki aura yang hangat. Kamu bisa menggunakan keramik berwarna netral seperti putih, cream, biru muda dan warna sejenis lainnya. Kamu pun bisa menambahkan karpet lembut untuk membuat ruangan semakin nyaman. Atau kamu bisa menggunakan lantai kayu (parket) untuk menambah kehangatan ruangan.

Ruang Tamu

Kamu bisa bersikap lebih berani untuk mendesain ruang tamu. Pilihlah lantai dengan motif, tekstur atau warna apapun yang kamu inginkan. Eits, tapi ingat, jangan sampai lantai yang kamu pilih tidak serasi dengan warna dinding atau furniturmu ya!

Kamar Mandi

Saat memilih lantai untuk kamar mandi, pastikan memilih bahan anti selip dan tahan air. Keramik atau lantai batu alam dapat menjadi pilihan yang ideal untuk digunakan.

Dapur

Dapur membutuhkan lantai yang lebih kuat dan tahan lama sebab ruangan ini lebih rentan terkena gores dan air. Pilihlah lantai yang memiliki ketahanan lebih terhadap air dan cairan seperti cuka dan jeruk lemon. Selain itu, pertimbangkan untuk memilih lantai tanpa tekstur karena dapat menyebabkan kotoran mudah terselip.

Itulah beberapa tips memilih lantai sesuai fungsi ruangan. Semoga informasi di atas bisa membantumu menemukan jenis lantai yang tepat untuk di rumah ya! Good luck!

Sumber