gitaanindya
newbie properti
newbie properti
Tue Apr 03, 2018 4:14 pm
kpa.jpg
Sudah tau apa itu KPA?

KPA alias Kredit Pemilikan Apartemen adalah adalah fasilitas kredit yang disediakan oleh bank untuk membeli apartemen, kondominium dan kondotel secara berkala dalam kurun waktu yang ditentukan oleh pihak bank dan pengembang.

Peminat kredit ini diketahui terus bertambah lho. Bank Indonesia menyebutkan bahwa konsumen yang menggunakan fasilitas KPA meningkat hingga 77,22% sejak triwulan IV 2016 atau tumbuh sebesar 1,90% dari kuartal sebelumnya.

Dari data tersebut, dapat kita ketahui bahwa pemberian dana kredit oleh bank terus meningkat. Meski begitu, tahukah kamu bahwa sebenarnya nggak semua pengajuan KPA disetujui oleh bank lho!

Nah, supaya kamu nggak mengalami hal tersebut, ada 4 hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan KPA. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Riwayat Keuangan

Bank sangat memperhatikan riwayat keuangan nasabah saat mengajukan KPA. Riwayat ini akan menunjukkan apakah kamu adalah seorang yang bertanggung jawab terhadap kewajiban atau nggak.

Maka dari itu, berusahalah untuk menjaga riwayat keuangan setidaknya selama 6 bulan terakhir sebelum mengajukan KPA untuk meyakinkan pihak bank bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk menerima kredit tersebut.

Riwayat Kredit Macet

Hal lain yang nggak kalah penting dari riwayat keuangan adalah riwayat kredit. Sama halnya seperti poin pertama, riwayat kredit juga menunjukkan apakah kamu adlaah orang yang tertib membayar kredit.

Tapi, kamu yang pernah memiliki maslaah dengan kredit macet harus hati-hati karena bisa jadi pengajuan KPA-mu akan ditolak oleh bank.

Pekerjaan

Bank menjadikan pekerjaan atau profesi pemohon sebagai salah satu tolak ukur penerimaan pengajuan KPA karena hal ini terkait dengan pendapatan pemohon.

Kalau kamu bekerja sebagai pegawai negeri atau swasta dengan penghasilan tetap (atau meningkat), peluang untuk mendapatkan persetujuan KPA akan lebih tinggi. Meski begitu, nggak menutup kemungkinan juga bagi wiraswasta dan professional untuk mendapatkan kredit ini.

Usia

Tahukah kamu bahwa ternyata usia pemohon juga menjadi pertimbangan bank sebelum menyetujui permohonan KPA lho. Biasanya, orang-orang yang sudah memasuki kepala empat akan sulit mendapatkan persetujuan kredit ini karena mereka telah berada pada usia kurang produktif sehingga dikhawatirkan terjadi macet di tengah jalan.

Bagaimanapun, nggak ada hal yang bisa didapatkan secara instan. Mengusahakan segala sesuatu dengan baik agar KPA diterima oleh bank adalah langkah tepat yang harus kamu lakukan.


sumber: Tips Mengajukan KPA