gitaanindya
newbie properti
newbie properti
Fri Feb 01, 2019 3:46 pm
Image

Siapa sih yang nggak tau marmer dan lantai-lantai eksklusif sekelasnya? Selain harganya yang mahal, marmer juga terkenal karena motifnya yang super indah. Warnanya pun bervariasi, meskipun yang paling sering ditemukan adalah warna cream dan putih.

Untuk kalian para pengguna marmer tentu selalu ingin lantai tampak bersih dan mengkilap kan? Untuk itu, kamu harus merawatnya dengan benar. Caranya nggak sulit kok, bahkan beberapa bahan bisa kamu temukan di rumah lho! Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baking Soda
Kamu pasti familiar dengan baking soda bukan? Bahan yang sering digunakan sebagai campuran kue ini ternyata bisa membantumu untuk membersihkan noda lantai lho! Caranya cukup campur 1 sdm baking soda ke dalam seember air. Gampang banget kan?

Hidrogen Peroksida
Hidrogen peroksida merupakan cairan senyawa kimia bersifat asam yang dapat berfungsi untuk mengangkat kotoran serta menghilangkan goresan pada lantai. Kamu hanya perlu menuangkan cairan ini pada lap kemudian menggosok lantai yang kotor secara perlahan.

Amonia
Berbanding terbalik dengan hidrogen peroksida, amonia merupakan cairan kimia bersifat basa. Kamu harus memastikan bahwa cairan ini aman dengan cara meneteskannya sedikit pada sudut permukaan marmer dan melihat reaksi yang ditimbulkan. Untuk mengaplikasikannya, campurkan 1 sdt amonia dan 1 cangkir air. Gunakan larutan tersebut untuk membersihkan marmer.

Deterjen Cair
Selain digunakan untuk mencuci pakaian, ternyata deterjen cair juga dapat digunakan untuk membersihkan noda pada marmer lho. Tapi, deterjen yang dipilih nggak boleh sembarangan. Pilihlah deterjen cair dengan mutu dan kualitas yang bagus, nggak mengandung asam dan juga pemutih.

Sabun Cuci Piring
Percaya nggak kalau sabun cuci piring bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada marmer? Nggak hanya itu, ternyata sabun ini juga bisa menghilangkan goresan pada permukaan lantai lho! Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamunikuti jika ingin menggunakan cara ini:

- Campurkan sabun cuci piring secukupnya ke dalam ½ gayung air hangat.
- Celupkan kain lap lembut kedalam campuran tersebut.
- Gosokkan kain dengan gerakan memutar secara perlahan dan sedikit tekanan. Biarkan cairan kering 5–10 menit.
- Setelah marmer kering, bersihkan kembali menggunakan lap kering.

Itulah beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda pada lantai marmer. Nggak hanya marmer, jenis lantai lain seperti granit dan keramik juga bisa menggunakan cara-cara di atas lho. Selamat mencoba!

Source: Kemilau Marmer