Forum bagi Anda untuk berbagi info seputar hal-hal umum
Elisa | Sales Marketing
Newbie
Newbie
Fri Mar 02, 2018 5:20 pm
investasi-properti-9.jpg
Investasi apartemen kini menjadi primadona di kalangan investor properti. Hal ini dikarenakan permintaan akan apartemen yang terus melambung sehingga pembangunannya pun kian meningkat.

Nah, jika kamu baru ingin ‘menyelami’ dunia investasi apartemen, tentu kamu harus mengetahui seluk beluk dari aktivitas bisnis ini. Kamu bisa memulainya dengan mengetahu istilah-istilah yang sering digunakan dalam investasi apartemen.

Lalu, apa sajakah istilah tersebut? Yuk, simak beberapa istilah investasi yang dilansir dari Olympic Residence di bawah ini.

Sunrise Property

Area sunrise property merupakan lokasi yang menggambarkan kawasan modern direhabilitasi atau daerah baru yang berkembang signifikan. Apartemen atau jenis properti lain yang berada di kawasan ini sangat potensial untuk dijadikan aset investasi.

Sunset Property

Kebalikan dari sunrise property, sunset property menggambarkan kawasan yang kurang mendukung, seperti akses sulit, lingkungan tidak aman dan sebagainya. Apartemen yang berada di kawasan ini cenderung berusia tua dan biasanya kurang baik secara ekonomi.

Return on Investment (ROI)

ROI adalah ukuran untuk menentukan keuntungan atau nilai dari investasi properti. Rumus ROI adalah (laba – investasi) / total investasi x 100%.

Capital Gain

Istilah capital gain berarti posisi menguntungkan para investor yang didapat dari kenaikan harga properti. Keuntungan tersebut dibandingkan dengan harga saat membeli yang cenderung lebih murah.

Yield

Keuntungan dihitung dari nilai sewa per tahun dibagi harga properti. Misalnya, harga properti Rp100 juta sementara harga sewa Rp5 juta per tahun, maka yield properti tersebut 5%.

Booming Property

Booming menggambarkan terjadinya lonjakan pembelian pada produk properti. Dengan kata lain, properti sedang mengalami penjualan yang tinggi.

Property Crash

Kebalikan dari booming, istilah property crash digunakan untuk menggambarkan kegoncangan properti. Permasalahan yang memicu terjadinya hal ini adalah ketidakstabilan ekonomi. Situasi ini akan membuat harga properti melonjak tajam atau turun drastis.

Turn Over

Merupakan gambaran tentang kapan waktunya suatu investasi akan balik modal.

Turn Key

Istilah ini menunjukkan kesepakatan waktu untuk serah terima kunci, bisa dilakukan oleh kontraktor ke pengembang atau dari pengembang ke pembeli.

Loss Transaction

Saat membeli apartemen untuk investasi properti, biasanya ada biaya-biaya yang tak terlihat dan tak terduga, seperti pembayaran biaya broker atau marketing, pembayaran pajak PPH, BPHTB, dan lainnya.

Nah, itulah 10 istilah dalam investasi apartemen yang harus kamu tau. Sebenarnya, masih banyak istilah yang bisa kamu dalami lebih lanjut. Namun setidaknya ulasan di atas bisa memberikan gambaran mengenai investasi properti (dalam hal ini apartemen). So, selamat berinvestasi!


Sumber
kabang | Entrepreneur
newbie properti
newbie properti
Tue Mar 27, 2018 5:10 pm
Waduh, makasih gan udah sharing mengenai informasi ini...
Sebelumnya kadang saya masih belum paham banget sama istilah2 ini ketika investasi apartemen, kayaknya nanti kalo mo coba investasi lagi harus bener-bener paham mengenai istilah ini...
Interior seperti Lantai Vinyl, HPL & Plafon tersedia di KANG BANG.
futurescale | fotografer
Newbie
Newbie
Thu Mar 29, 2018 1:58 am
investasi di landed house juga bagus kok, siapa tau mau investasi landed house di bogor, bisa main main ke http://rumahbogorkota.com/ buat cek rumah apa aja yg bagus buat invest di bogor
3 posts Page 1 of 1
cron