Elisa | Sales Marketing
Newbie
Newbie
Thu May 16, 2019 1:21 pm
Image

Lantai parket biasanya digunakan untuk menambahkan kesan natural pada hunian. Tapi di negara-negara empat musim, lantai ini lebih sering dipakai untuk memberikan kesan hangat karena memang sifat dasar kayu yang bisa menyimpan udara panas. Selain itu, semakin populernya gaya hunian Scandinavia juga menjadi alasan lantai parket semakin digemari.

Dilihat dari bahannya saja, kamu pasti sadar kalau lantai ini berisiko mudah rusak. Kayu bisa lapuk jika tidak dirawat dengan baik. Nah agar hal ini tidak terjadi, ada beberapa tips perawatan lantai kayu yang bisa kamu lakukan.

Rutin Menyapu Lantai

Sapu lantai secara rutin setiap hari untuk menghindari debu menempel. Gunakan sapu berbahan lembut agar tidak merusak permukaan lantai. Kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner agar lebih mudah mengangkat noda.

Jangan Terlalu Sering Di-pel

Kamu tidak perlu terlalu sering mengepel parket. Cukup pel sebulan sekali atau ketika kamu merasa lantai benar-benar perlu dibersihkan. Pel parket menggunakan kain pel lembut dan air hangat. Setelah itu, pel kembali menggunakan lap kering.

Hindari Sinar Matahari

Salah satu kekurangan menggunakan lantai kayu adalah warnanya mudah pudar, apalagi jika terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk menghindarinya, Kamu bisa memasang gorden pada sumber-sumber masuknya sinar matahari.

Lapisi Kaki Furnitur Dengan Kain

Untuk mencegah lantai parket tergores saat menggeser furnitur, ada baiknya jika kamu meletakkan kain di bawah kaki-kaki furnitur.

Rutin Melakukan Poles

Cara terakhir yang harus Kamu lakukan untuk menjaga lantai parket tetap bersih dan mengkilap adalah dengan melakukan poles secara rutin, minimal 1 tahun sekali. Pemolesan ulang akan membuat lantai parket lebih awet dan tahan dari goresan.

Itulah beberapa cara merawat lantai parket agar awet dan tahan lama. Semoga informasi di atas membantu ya. Happy trying!


Sumber: Kemilau Marmer