Forum bagi Anda untuk berbagi info seputar hal-hal umum
Elisa | Sales Marketing
Newbie
Newbie
Wed Feb 28, 2018 6:03 pm
Strategi-Kumpulkan-Uang-DP-dengan-Cepat-2.jpg
KPA atau Kredit Pemilikan Apartemen menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin membeli hunian vertikal berupa apartemen namun belum memiliki cukup dana untuk membeli secara cash. Namun, yang namanya kredit pasti membutuhkan DP atau uang muka yang besarannya bergantung pada harga apartemen yang akan dibeli.

Misal, kamu ingin membeli apartemen seharga 900 juta, maka uang DP yang harus disiapkan adalah 20% atau sekitar 180 jutaan. Jumlah yang cukup besar bukan? Karena itulah, kamu harus menyusun strategi agar uang DP apartemen impian bisa cepat terkumpul.

Lalu, apa sajakah strategi tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Tentukan Apartemen yang Diinginkan

Seperti apa apartemen yang ingin kamu tinggali? Apakah apartemen tersebut berada di pusat kota, pinggir kota, atau di daerah penyangga?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum memulai untuk menabung DP apartemen. Hal ini karena lokasi dan fasilitas memiliki pengaruh yang cukup besar pada harga apartemen. Nah, jika kamu sudah mengetahui harga apartemen yang diinginkan, barulah kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Buat Target

Setelah mengetahui harga apartemen yang diinginkan, selanjutnya buat target kapan apartemen tersebut harus terbeli dan kapan uang untuk membayar DP harus terkumpul. Target ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak DP yang harus dikumpulkan selama jangka waktu yang sudah ditargetkan.

Jangan lupa untuk memasukkan perkiraan kenaikan harga properti saat melakukan perhitungan. Misalnya, tahun ini DP apartemen yang kamu inginkan berharga Rp150 juta. Tahun depan kemungkinan DP-nya akan naik minimal Rp15 juta. Berarti dalam tiga tahun, kamu harus mengumpulkan uang sebesar Rp200 juta.

Menabung dan Sisihkan Gaji Bulanan

Menabung adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Sebisa mungkin sisihkan 10% - 20% gaji untuk menabung DP apartemen sebelum digunakan untuk kebutuhan lain. Jika ingin lebih cepat mengumpulkan uang DP, kamu bisa memperbesar persentase tabungan tersebut menjadi 30%.

Kurangi Belanja yang Tidak Penting

Prioritaskan kebutuhan pokok dan pangkas pengeluaran untuk hal-hal yang tak terlalu penting. Pemangkasan biaya ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, namun juga harus dipertimbangkan dengan periode waktu sebelum akhirnya harus membayar DP apartemen.

Investasikan Tabungan

Agar uang DP apartemen bisa terkumpul lebih cepat, kamu bisa menginvestasikan tabungan dalam bentuk deposito atau membeli emas. Kedua investasi ini akan memberikan timbal balik yang cukup besar dalam bentuk bunga ataupun selisih harga jual di waktu sekarang dan masa mendatang. Dengan begini, nilai uangmu akan lebih aman.

Nah, itulah beberapa strategi kumpulkan DP apartemen dengan cepat. Kalau kamu melakukan langkah-langkah tersebut dengan sabar dan konsisten, dijamin kunci apartemen impian akan segera di tangan!
Palu1000 | Sales Marketing
newbie properti
newbie properti
Mon Apr 02, 2018 1:46 pm
yah yang terpenting memang harus berhemat sih, untung saya sudah berhemat dari lama dan uang tabungan saya juga sudah lumayan sih
Kami merupakan salah satu perusahaan Jasa kontraktor bangunan di jakarta yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun.
2 posts Page 1 of 1
cron