Forum bagi Anda untuk berbagi info seputar hal-hal umum
User avatar
SusiloPramono | Wartawan
Kontributor
Kontributor
Wed Nov 23, 2016 2:12 pm
Seiring meningkatnya kesadaran kaum urban akan hidup yang sehat, banyak dari mereka yang melakukan aktivitas urban farming di pekarangan rumah untuk bisa menghasilkan makanan sehat yang dapat dikonsumsi. Apa itu urban farming?

Urban farming adalah konsep memindahkan pertanian konvensional ke pertanian perkotaan, yang berbeda ada pada pelaku dan media tanamnya. Pertanian konvensional lebih berorientasi pada hasil produksi, sedangkan urban farming lebih pada karakter pelakunya yakni masyarakat urban. Urban farming telah menjadi gaya hidup karena semakin tinggi kesadaran masyarakat urban untuk menjalani gaya hidup sehat.

Nah di paris sedang tren Urban Farming. Di Paris ada peraturan baru yang menyebutkan setiap orang boleh menanam secara Urban Farming. Baik di gedung-gedung maupun di pinggiran pedestrian. Yuk lihat foto-foto hitsnya

Image
Image
Image
Image
Image
Image
User avatar
housingestate | Media Properti
Newbie
Newbie
Wed Nov 23, 2016 2:23 pm
Di Jakarta Urban Farming Pun Juga Sudah Menjadi Tren

Jakarta Kembangkan Pertanian Perkotaan


Housing-Estate.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus berupaya mengembangkan kegiatan berkebun dengan tanaman produktif yang memanfaatkan lahan-lahan kosong maupun lahan sempit di berbagai lokasi. Sebelumnya, pemprov juga telah mempersiapkan lahan kosong di sepanjang jalur kanal banjir timur (KBT) untuk dijadikan area perkebunan.
Image

Menurut Kepala Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (DKPKP) DKI Jakarta Darjamudi, hingga tahun 2015 ini program pertanian di perkotaan ini sudah dilakukan di 66 lokasi yang tersebar di berbagai kelurahan. Program ini dilakukan dengaan memanfaatkan gang-gang sempit, pekarangan rumah warga, hingga lahan-lahan kosong berapapun luasnya yang belum dimanfaatkan.

“Pengembangan lahan pertanian di Jakarta ini akan menjadi prioritas kami walaupun hanya memanfaatkan lahan sempit di gang. Kita kembangkan sesuai dengan kondisi iklim dan kehidupan tanamannya, yaitu untuk jenis agroklimat,” ujarnya kepada media di Jakarta, Senin (13/7).

Untuk aplikasinya, diterapkan juga inovasi teknologi bertanam di perkotaan yaitu dengan penerapan vertiminaponik, vertikultur, aquaponik, mini wall gardening, dan lainnya. Di lokasi percontohan, para warga diajarkan cara membuat kebun bibit hingga nantinya menanam bibit yang sudah siap tanam hingga menghasilkan buah maupun sayuran.

“Jenis yang ditanam cukup banyak dan kita prioritaskan yang produktif sehingga bisa dikonsumsi maupun dijual. Misalnya dari jenis sayuran seperti sawi, bayam, kangkung, caisim, pakcoy, kemangi, dan sebagainya. Kami berharap program pertanian kota ini bisa meningkatkan pola konsumsi pangan masyarakat jadi lebih beragam, aman, dan bergizi,” tandasnya.
.
Image

Image

Image

Image

Image

User avatar
petrasuryana | Pekerja Swasta
Newbie
Newbie
Wed Nov 23, 2016 2:24 pm
wow mantap ! Jadi terinspirasi nanem kangkung di depan rumah ;) :))
User avatar
Rihana | Marketing Properti
Newbie
Newbie
Wed Nov 23, 2016 2:55 pm
Menanam ganja di dalam apartemen termasuk Urban Farming kah? :D :D :D :D

Image

Image

Image
User avatar
SusiloPramono | Wartawan
Kontributor
Kontributor
Wed Nov 23, 2016 2:57 pm
Wah kalo nanam ganja gitu sih masih termasuk Urban Farming, Tapi hati-hati bisa-bisa malah jadi Urban Suspect (Tersangka perkotaan) hahahahaha :D
5 posts Page 1 of 1
cron