ayanafara
Newbie
Newbie
Fri Jan 04, 2019 2:53 pm
Image

Marmer merupakan jenis lantai yang terbentuk dari batu alam lunak yang dihasilkan oleh proses metamorfosa batu gamping. Dari proses inilah guratan-guratan marmer yang indah timbul. Tapi karena terbentuk dari material batu alam asli, perawatannya tak bisa sembarangan.

Agar marmer tetap bersih dan mengkilap, kamu harus membersihkannya secara rutin. Tahukah kamu, ternyata membersihkan lantai marmer tak sesulit yang kamu bayangkan lho. Beberapa produk pembersih marmer bahkan bisa kamu temukan di rumah.

Penasaran apa saja produk tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Deterjen Cair

Deterjen cair biasanya digunakan untuk mencuci pakaian. Tapi, ternyata kamu juga bisa menggunakan cairan ini untuk membersihkan marmer lho. Pilihlah deterjen cair dengan mutu dan kualitas yang bagus, tidak mengandung asam dan juga pemutih. Takarannya adalah 1 cangkir air dan 1 sdm deterjen cair.

Amonia

Amonia merupakan cairan senyawa kimia bersifat basa. Untuk mulai membersihkan marmer menggunakan amonia, campurkan 1 sdt amonia dan 1 cangkir air kemudian aduk hingga rata. Campuran inilah yang akan mengangkat noda membandel dari lantai.

Pembersih Khusus Marmer

Sesuai namanya, cairan ini ditujukan khusus untuk membersihkan noda yang menempel pada marmer. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan ½ gayung air dan 1 tutup botol cairan pembersih marmer. Selanjutnya, gosok marmer dengan hati-hati hingga kotoran terangkat.

Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan rumahan yang memiliki banyak manfaat lho. Selain bisa kembali mencerahkan baju berwarna putih, lantai marmer yang kusam pun bisa dibuat bersih! Caranya adalah dengan menuangkan setidaknya 1 sdm baking soda ke dalam seember air. Aduh hingga berubah menjadi pasta. Nah, pasta inilah yang akan digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada marmer.

Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring ternyata tak hanya bisa membersihkan noda membandel di peralatan makan lho, tapi juga pada marmer! Selain menghilangkan noda, sabun ini juga bisa menghilangkan goresan pada permukaan marmer.

Caranya, campurkan sabun cuci piring secukupnya ke dalam ½ gayung air hangat. Gosok lantai menggunakan cairan ini dan biarkan kering 5 – 10 menit. Setelah marmer kering, bersihkan kembali menggunakan lap kering.

Itulah beberapa produk yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan marmer. Caranya mudah, bahannya pun sangat gampang ditemukan. So, selamat mencoba!

Sumber: Kemilau Marmer