Forum bagi Anda untuk berbagi info seputar hal-hal umum
User avatar
SusiloPramono | Wartawan
Kontributor
Kontributor
Fri May 13, 2016 10:58 am
Tips Merawat Tanaman Pot


Image


Menempatkan tanaman hias dalam pot merupakan salah satu cara mendekorasi interior rumah. Penempatan pot tersebut, selain memberi keindahan visual juga memberi efek psikologis positif bagi penghuni di dalam rumah.

Tanaman tersebut bisa ditempatkan pada sudut-sudut rumah atau ditempatkan di atas coffee table rumah Anda. Jadi, menyerupai rangkaian tanaman tetapi lebih awet dan tahan lama. Jika bosan dengan koleksi tanaman tertentu, cukup ditukar dengan koleksi lainnya. Suasana rumah pun langsung berubah.

Image


Namun, merawat tanaman hias pot dalam rumah perlu penanganan khusus karena kondisi di dalam rumah berbeda dengan di luar rumah. Untuk itulah, tanaman perlu beradaptasi dahulu sebelum ditempatkan di dalam ruangan. Agar berpenampilan prima, tanaman tersebut sebaiknya juga bersih dan cantik sehingga dapat memperindah tampilan keseluruhan interior rumah Anda.

  • Sesuaikan karakter tanaman dengan gaya interior rumah Anda antara lain bentuk daun dan percabangan, skala ukuran tanaman terhadap ruang, color tone, dan pot yang menjadi wadah
  • Pilihlah jenis tanaman yang menyukailokasi teduh untuk penempatan di dalam ruangan. Ini disebabkan jenis tanaman ini mudah beradaptasi terhadap kondisi cahaya alami yang sedikit. Sebaiknya, tanaman juga memiliki kecepatan tumbuh yang lambat dan berdaun tebal karena mampu menyimpan air dalam waktu yang lebih lama dan tahan terhadap ruangan berpendingin.
  • Jagalah kebersihan tanaman misalnya daun-daun bersih dan mengilap serta pot ditutup dengan pot hias yang permukaannya bersih. Permukaan tanah dalam pot sebaiknya ditutup dengan kerikil halus agar tidak berupa tanah yang terbuka.
  • Sebisa mungkin tempatkan tanaman pada sudut yang masih memungkinkan cahaya menerpa tanaman, misalnya di dekat jendela kaca atau di dekat pintu yang memungkinkan adanya udara mengalir dan berada di tempat yang
  • Secara rutin lakukan rotasi dengan tanaman koleksi lainnya setiap 1 minggu sampai 2 minggu bergantung pada jenis tanaman. Anda bisa melakukan pengamatan sebelumnya dan jenis tanaman tertentu mampu bertahan cukup lama di dalam ruangan. Apabila tanaman cenderung kurus dan layu perlu segera dikeluarkan dari ruangan.
  • Tanaman yang sedang “diistirahatkan” sebaiknya tidak ditempatkan pada tempat yang terlalu terbuka. Tempatkan ditempat yang teduh dan lembap tetapi mendapat cahaya meskipun tidak langsung.
  • Penyiraman dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengotori lantai. Untuk pot yang besar bisa dibungkus dengan plastik sebelum ditempatkan di dalam gentong yang besar. Untuk pot yang kecil, kegiatan penyiraman dilakukan di luar.
  • Bila Anda berencana untuk melakukan perjalanan dan tidak ada orang yang merawat tanaman di rumah, sebaiknya tanaman pot tersebut untuk sementara dikeluarkan dari ruangan agar mendapat air hujan secara langsung.

foto : nestofposies-blog

sumber : majalahasri.com
abarua6 | Sales Executive
Newbie
Newbie
Thu Apr 27, 2017 2:22 pm
Selain sebagai hiasan, tanaman juga bisa bikin ruangan jadi sejuk loh. Apalagi kalau ditambah dengan menggunakan atap rumah yang sejuk seperti atap pvc. Jadi nggak perlu pakai AC lagi.
Ingin rumah anda bebas dari atap yang bocor saat hujan deras. Ganti atap anda dengan atap pvc!
Dirumahku
Newbie
Newbie
Fri Jun 09, 2017 12:14 am
Terima kasih tipsnya,,
3 posts Page 1 of 1
cron