User avatar
SusiloPramono | Wartawan
Kontributor
Kontributor
Tue Dec 27, 2016 4:59 pm
Image

Wajah Arsitektur Allepo Dulu Dan Sekarang
Aleppo merupakan sebuah kota tua yang menjadi salah satu tempat wisata kebanggaan negeri Timur Tengah. Salah satu kota terbesar di Negara Suriah tersebut bahkan dinobatkan Unesco sebagai World Heritage Site atau Situs Warisan Dunia. Setelah perang berkecamuk, wajah kota yang sangat cantik ini pun berubah menjadi sendu.

Sebagian besar Kota Aleppo hancur dibom. Rumah-rumah, pusat perbelanjaan, hingga bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur cantik yang khas roboh nyaris rata dengan tanah. Berikut ini beberapa potret bangunan dan sudut Kota Aleppo yang dulu dan sekarang.

1. Masjid Umayyad
Image

Bangunan di atas ini adalah Masjid Umayyad. Walau tampak kuno, masjid ini sangat cantik apalagi di kala malam. Namun setelah tujuh tahun dari foto di atas diambil, Masjid Umayyad berubah menjadi kelam dan meredup kecantikannya.

Image

2. Hamam El Nahasin
Image

Yang Anda lihat mungkin hanyalah sebuah ruangan besar kosong yang sudah tidak digunakan lagi. Namun, 6 tahun sebelum foto di atas diambil, tempat ini terkenal sebagai tempat pemandian umum bersejarah di kota tua Aleppo bernama Hamam El Nahasin.

Image

3. Shahba Mall
Image
Perang yang berkecamuk di Suriah sudah berlangsung sekian lama. Keadaan Aleppo sebagai kota yang diperebutkan tentara negara dan pemberontak pun semakin mengalami kehancuran.

Mal Shahba, pusat perbelanjaan terbesar di kota itu pun menjadi korbannya. Keramaian yang dulu pernah mengisi bangunan ini pun kini berganti menjadi kekosongan.

5. Al Zarab
Image

Wisatawan mancanegara selalu suka dengan hal-hal yang berbau vintage dan tradisional. Pasar Al Zarab di kota tua pun dulu menjadi magnet bagi para turis internasional karena kecantikan arsitekturnya.

Image

6. Benteng Bersejarah
Image
Image
Foto ini menggambarkan salah satu tempat bersejarah di Aleppo. Benteng bersejarah tersebut menjadi salah satu yang sering dikunjungi orang-orang yang tertarik dengan cerita kota ini. Gambar tersebut diambil pada 9 Agustus 2010 namun lihat 6 tahun kemudian.

7. Kota Aleppo
Image

Kota ini tidak hanya menjadi tempat tinggal masyarakat sipil Suriah tapi juga tempat para arkeologis, ahli sejarah, hingga turis. Tempat ini kaya akan peradaban masa lalu namun sisa-sisa tersebut ikut hancur oleh gempuran senjata.

Image

Pemandangan cantik kota tua ini makin menawan di malam hari dengan lampu yang menyala pada penjuru kota. Kesyahduan pemandangan tersebut pun kini tak bisa dinikmati warga dan wisatawan lagi.

Sungguh sangat disayangkan. Semoga masyarkat kota ini dan kota di seluruh dunia terus bisa merasakan keamanan dan kenyamanan tinggal bersama keluarga di rumah sendiri.

http://blog.urbanindo.com/2016/12/wajah-arsitektur-aleppo-yang-dulu-dan-sekarang/